Makanan opak singkong khas wonosobo

By Arina - 19.37

MAKANAN OPAK SINGKONG KHAS WONOSOBO
  • Opak Singkong


Dikenal juga dengan nama opak kucai, makanan tradisional Wonosobo ini berasal dari Kalibaber, Kabupaten Wonosobo. Opak singkong berasal dari singkong yang direbus dan ditambah kucai dan garam, lalu ditumbuh sampai halus, dipipihkan dan dijemur. Setelah kering, opak singkong digoreng sampai matang. Rasa makanan khas Wonosobo ini cenderung gurih dan asin.
  • Sagon

Oleh-Oleh Khas Dieng
Sumber gambar: Tribunnews
Makanan tradisional khas Wonosobo yang berbentuk bulat dan tebal ini terbuat dari campuran tepung sagu, parutan kelapa dan gula. Setelah itu adonan di bakar di atas kayu bakar atau arang sehingga, sehingga menimbulkan wangi yang sangat khas.
Toppers dapat membeli panganan ini di Pasar Induk Wonosobo. Di sana, sagon akan dijajakan di satu kompleks. Jangan lupa menyantap sagon selagi hangat, ya, agar kelezatannya makin terasa.
  • Nasi Megono

Makanan Khas Wonosobo
Sumber gambar: Wikipedia
Masyarakat Wonosobo kerap menyebut nasi dengan sego, sehingga makanan yang terdiri atas nasi, sayuran dan ikan teri ini memiliki nama lain Sego Megono. Disebut juga sego reged karena penampilan kuliner khas Wonosobo yang terlihat kotor. Sayuran biasanya diiris kecil-kecil untuk kemudian ditaburkan di atas ikan teri. Disajikan dengan tempe kemul akan lebih nikmat.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar